Thursday 21 January 2016

10 Jurusan Dengan Prospek Kerja Yang Bagus (IPA)





26

1. Teknik Pertambangan & Perminyakan
Sampai saat ini bidang perminyakan masih akan menjadi primadona karena gajinya yang menggiurkan. Pembukaan lapangan baru di Cepu serta lapangan gas besar di perairan Natuna menjanjikan lapangan kerja yang besar untuk jurusan Teknik Pertambangan & Perminyakan, Teknik Geologi dan Geofisika (Fisika MIPA konsentrasi Fisika Bumi). Jurusan-jurusan itu masih sangat sedikit. Sementara kebutuhan akan driller dan miner semakin banyak.
2. Teknik Sipil                         
Proyek-proyek pemerintah dan swasta yang sekarang semakin menjamur, juga semakin banyaknya pihak yang ingin membangun infrastruktur berbasis Eco-living membuat para lulusan teknik sipil dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor.
3. Teknik Elektro/Teknik Telekomunikasi
Dijamin, bidang Telekomunikasi sangat berprospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi.
4. Teknik Mesin,Teknik Fisika,Teknik Industri
Ketiga bidang ini memang tak bisa dipisahkan begitu saja. Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. Dan juga beberapa mega proyek lainnya yang melibatkan berbagai engineer, terutama dari lulusan Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Industri.
5. Ilmu Komputer/Teknik Informatika
Teknik Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Komputer.
Keempatnya memang hampir mirip-mirip, hanya berbeda di pemusatan software/hardware. Untuk Ilmu Komputer dan Teknik Informatika lebih memusatkan ke Software, sedangkan Teknik Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Komputer lebih memusatkan ke hardware, karena ketiganya masuk ke fakultas Teknik, di bawah naungan Teknik Elektro. Lapangan kerjanya tidak akan pernah habis, karena di masa depan nanti hampir semua peralatan menggunakan komputer.
6. Pendidikan Dokter.
Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga kedokteran gigi, ilmu keperawatan, kesehatan masyarakat, gizi, dan kebidanan. Tapi masih sulit dipenuhi dan ini adalah peluang yang bagus. Apalagi jika dokter tersebut mengambil lagi spesialis nya, dan tahu sendiri berapa gaji Dokter Spesialis.
7. Desain Komunikasi Visual (DKV), Teknik Arsitektur
Jurusan-jurusan desain (DKV, Teknik Arsitektur, Arsitektur Interior, dll). Dijamin prospeknya bagus, yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan, bisa sebagai freelance atau pekerja lepas.
8. Agrobisnis
Agrobisnis memang masih mempunyai prospek yang bagus, karena memang Indonesia ini adalah negara agraris. Jurusan ini sekarang mulai dilirik oleh banyak orang karena prospeknya yang bagus. Sangat bagus jika kemampuan komunikasi dan bahasa anda latih sebaik mungkin jika anda masuk jurusan ini.  Dan mungkin ditujukan bagi anda yang senang berwiraswasta.
9. Teknologi Pangan
Hampir di setiap perguruan tinggi yang membuka jurusan ini selalu kebanjiran peminat. Mengingat sekarang ini, bahan pangan kita semakin banyak macamnya dan diperlukan tenaga ahli dalam bidang ini.
10. Farmasi
Sampai kapanpun jurusan Farmasi memang tetap dibutuhkan, mengingat setiap harinya pasti ada saja muncul penyakit-penyakit baru yang harus ditangani dengan obat khusus. SDM dari jurusan farmasi bisa membantu para dokter untuk menemukan obat yang tepat bagi penderita suatu penyakit.

No comments: